Tips Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Tips Manfaat Wortel Bagi Kesehatan - Manfaat wortel mentah lebih manjur untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya tetap sempurna. Wortel sangat kita kenal sebagai sayuran. Biasanya kita menggunakan wortel sebagai bahan untuk membuat sup atau jenis makanan lainnya. Tapi tidak jarang, banyak yang tidak menyukai sayuran oranye ini.
Tips Manfaat Wortel Bagi Kesehatan
Tips Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Kebanyakan dari mereka yang tidak menyukai wortel mengatakan jika sayuran ini memiliki sedikit rasa aneh di lidah. Meski wortel ini memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh, dan mampu memuaskan berbagai kebutuhan nutrisi tubuh kita, apalagi wortel masih dalam keadaan mentah.

Mari kita cari tahu lebih banyak tentang wortel, terutama wortel mentah, jadi kita mengerti apa manfaatnya. Wortel memiliki nama ilmiah Daucus Carota dari keluarga Apiaceae dan genus Daucus. Wortel termasuk sayuran umbi. Wortel memiliki tekstur renyah dengan sedikit rasa manis. Wortel juga termasuk sayuran di seluruh dunia karena mereka dapat ditemukan di hampir setiap negara.

Ada berbagai jenis wortel yang bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Sayuran ini juga sangat terkenal sebagai sumber vitamin A tinggi yang dianggap sebagai salah satu makanan sehat di dunia. Selain vitamin A, ternyata wortel juga sangat kaya akan kandungan gizi lainnya, maka bagi anda yang ingin hidup sehat mulai mengonsumsi sayuran ini.

Beragam Manfaat Wortel Mentah

Bagi Anda yang sering mengonsumsi pil vitamin A, mungkin Anda harus segera beralih ke sayuran berwarna satu ini. Ya, wortel seperti yang dijelaskan di atas, punya banyak kandungan vitamin A. Bahkan di antara nutrisi lainnya, vitamin A memiliki nilai tertinggi. Tak hanya vitamin A, wortel juga mengandung beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh kita. Karena itu, jika Anda mengkonsumsi wortel terutama wortel mentah, selain memenuhi kebutuhan vitamin A, Anda juga bisa mendapatkan manfaat gizi lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari wortel mentah:

Perbaiki fungsi penglihatan
Manfaat wortel untuk mata telah dipatenkan, wortel telah dikenal sebagai sumber makanan yang bisa memberi nutrisi indra penglihatan. Wortel mentah mengandung sejumlah besar vitamin A, yaitu sekitar 16.706 IU, setara dengan 557 persen kebutuhan vitamin A tubuh manusia. Selain itu, wortel juga mengandung banyak beta karoten, yang nantinya bisa diubah menjadi vitamin A di hati kita.

Vitamin A kemudian menjadi bentuk rhodopsin di dalam retina. Rodopsin adalah pigmen ungu yang sangat dibutuhkan oleh mata untuk bisa melihat di malam hari. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak makanan kaya beta karoten cenderung memiliki potensi untuk menderita katarak dan hiperopia kurang dari 40 persen dibanding mereka yang jarang mengkonsumsi beta karoten.

Membantu mencegah kanker
Beberapa penelitian menunjukkan apakah wortel mentah terbukti dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar dari kanker payudara hingga kanker paru-paru. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan apakah wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk dalam zat antikanker. Falcarinol sendiri adalah sejenis pestisida alami yang diproduksi oleh wortel untuk melawan penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur.

Presentasi wortel mentah

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan manfaat wortel. Jangan lupa mencuci wortel terlebih dahulu sebelum mengambilnya. Berikut adalah beberapa tip untuk menyajikan wortel mentah:

Wortel segar bisa segera dinikmati

Wortel mentah bisa menjadi salad yang lezat
Wortel mentah bisa digunakan sebagai jus segar, lezat dan sehat. Bisa juga dicampur dengan sayuran atau buah lainnya.

Baca juga: Sunat Pekanbaru

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.