penyebab kuku berlubang

penyebab kuku berlubang - Apakah Anda tahu bahwa kuku anda dapat mengungkapkan petunjuk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan? Warna dan bentuk kuku yang tidak semestinya bisa menjadi tanda penyakit dalam tubuh. Penyakit hati, paru-paru, dan jantung dapat bermanifestasi di kuku anda.
penyebab kuku berlubang
penyebab kuku berlubang

Tapi tidak semua tanda dibawah ini merupakan tanda pasti, untuk lebih lanjut temuilah dokter anda.
Kuku Pucat
Kuku yang sangat pucat atau putih terkadang berkaitan dengan penuaan. Namun keadaan tersebut juga bisa menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius, seperti:
Anemia
Congestive heart failure/ Gagal jantung kongestif
Penyakit hati
Malnutrisi

Kuku Putih
Jika sebagian besar kuku berwarna putih dengan tepi luar lebih gelap, maka keadaan ini dapat mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis. Dalam gambar ini, terlihat juga jari yang kuning, yang merupakan tanda lain dari masalah hati.

Kuku Kuning
Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Sejalan dengan memburuknya  infeksi, alas kuku akan mengalami retraksi, dan kuku menjadi tebal dan rapuh. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius, seperti penyakit tiroid tahap lanjut, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

Kuku Kebiruan
Kuku dengan warna kebiru-biruan bisa berarti tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini bisa mengindikasikan adanya kelainan di paru-paru atau jantung. Dasar kuku yang berwarna sedikit kebiruan dapat menjadi tanda dari diabetes.

Kuku Dengan Permukaan Tidak Rata
Jika permukaan kuku bergelombang atau berlubang-lubang, maka keadaan ini mungkin merupakan tanda awal dari psoriasis atau arthritis inflamasi. Keadaan ini sering disertai perubahan warna kuku, kulit di bawah kuku dapat terlihat coklat-kemerahan. Psoriasis merupakan penyakit kulit yang sekitar 10% nya juga bermanifestasi di kuku.

Kuku Retak Atau Terbelah
Kuku yang kering, rapuh sehingga sering retak atau terbelah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Kuku yang retak atau terbelah disertai dengan rona kekuningan lebih mungkin disebabkan karena infeksi jamur.

Bengkak Di Lipatan Kuku-kulit (nail fold)
Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, maka keadaan ini dinamakan peradangan lipatan kuku. Keadaan ini mungkin disebabkan oleh lupus atau gangguan jaringan ikat lainnya.

Clubbing Nail*
Disebut juga clubing finger atau jari tabuh, gambaran jari seperti stik drum, mendatarnya sudut lipatan kulit-kuku kemudian kuku menjadi melengkung. Keadaan ini menggambarkan keadaan hipoksia kronis, dan dapat berhubungan dengan banyak penyakit antara lain penyakit paru dan jantung.

Garis Hitam Di Bawah Kuku
Garis hitam di bawah kuku harus diperiksakan sesegera mungkin. Keadaan ini terkadang disebabkan oleh melanoma, jenis yang paling berbahaya dari kanker kulit.

Bekas Gigitan Pada Kuku
Menggigit kuku Anda mungkin hanyalah suatu kebiasaan lama, namun dalam beberapa kasus keadaan ini bisa menjadi tanda kecemasan terus-menerus yang butuh pengobatan. Menggigit atau mencabuti kuku kadang terkait dengan gangguan obsesif-kompulsif. Jika Anda tidak bisa berhenti menggigiti kuku, ada baiknya anda berdiskusi dengan dokter.

Meskipun perubahan kuku dapat menyertai berbagai kondisi, perubahan pada kuku jarang menjadi tanda yang pertama muncul. Banyak kelainan kuku tidak berbahaya – contohnya, tidak semua orang dengan kuku yang putih mengidap hepatitis. Jika Anda khawatir tentang perubahan pada kuku anda, maka temuilah dokter.

Tahukah Anda bahwa kondisi kesehatan seseorang bisa diketahui melalui kukunya? Kuku yang sehat biasanya memiliki permukaan yang halus, tidak ada garis atau lubang serta berwarna cerah. Kuku adalah bagian dari tubuh yang bisa membantu mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Kuku yang sehat umumnya berwarna merah jambu dengan permukaan mengkilat.

Perlu Anda ketahui bahwa kelainan pada kuku dapat menunjukkan adanya gangguan pada tubuh. Kalau Anda kurang jeli mengamati kuku Anda, bisa-bisa gangguan pada tubuh yang terjadi di hati, paru-paru dan jantung terlewat karena menyepelekan tanda-tanda yang muncul di kuku Anda.

Perlu Anda waspada jika pada kuku muncul perubahan-perubahan seperti bercak-bercak putih atau warna kekuningan, karena hal itu bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Perubahan lain seperti warna kuku yang pucat, memutih, kebiruan atau bentuk kuku yang bergelombang juga menjadi sinyal hadirnya masalah di dalam tubuh. Sejumlah penyakit yang menyerang paru-paru, liver, dan jantung juga dapat terlihat dari perubahan pada kuku.

Apa saja tanda-tandanya? Simak 10 arti tanda kuku Anda berikut ini:

1. Kuku Putih

Bila warna kuku Anda didominasi warna putih dengan pinggiran yang lebih gelap, warna kuku ini mungkin merupakan tanda penyakit liver seperti hepatitis. Masalah liver lainnya ditandai warna kuku yang kekuningan.

2. Kuku Pucat

Warna kuku terlihat pucat, mungkin merupakan indikasi terkena anemia atau gangguan darah lainnya yang ditandai dengan berkurangnya sel darah merah. Shilpi Agarwal, M.D., seorang dokter ahli pengobatan holistik di Los Angeles mengatakan bahwa penyakit anemia yang disebabkan oleh rendahnya zat besi, bisa membuat darah kekurangan oksigen.

Hal ini bisa mengakibatkan kulit dan jaringan menjadi pucat, terutama jaringan yang berada di bawah kuku. Untuk itu, anda dapat mengatasinya dengan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti sayuran hijau dan daging merah.

3. Kuku Kuning dan tebal

Warna kuku kuning bisa merupakan salah satu tanda umum adanya infeksi jamur yang telah menyebar ke seluruh bagian kuku. Bila infeksi dibiarkan semakin parah kuku menjadi seperti tertarik, kemudian menebal dan rapuh. Pada beberapa kasus perubahan warna kuning pada kuku dapat mengindikasikan beberapa penyakit serius seperti gangguan tiroid, penyakit paru-paru, diabetes atau penyakit kulit psoriasis.
Dengan pengobatan luar saja biasanya tidak cukup karena jamur sudah menginfeksi mencapai bagian dalam dan bawah kuku. Pada taraf ini dokter akan memberikan resep obat-obatan oral yang mampu menjangkau seluruh bagian kuku yang terinfeksi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.