Cara Perawatan Kuku Bayi Agar Sehat Selalu

Cara Perawatan Kuku Bayi Agar Sehat Selalu - Kuku bayi baru lahir walaupun terlihat lembut dan lunak tetapi cenderung tumbuh lebih cepat. Hal ini mungkin bisa membuat bunda khawatir akan melukai wajahnya saat si kecil menggaruk. Apalagi bayi belum bisa mengendalikan gerakan mereka sendiri. Jika sudah panjang dan tajam, bukan hanya wajahnya sendiri saja yang bisa menjadi korban cakaran kukunya, melainkan wajah dan payudara Anda pun juga bisa terluka. Itulah sebabnya kuku tangan bayi perlu dipotong setiap 2 hari sekali.
MERAWAT KUKU BAYI
Memotong Kuku Bayi
KUKU BAYI SEHAT
Perawatan Kuku Bayi

Pemotongan kuku sebaiknya dilakukan setelah bayi mandi, karena pada saat itu kukunya dalam keadaan lebih lunak dan mudah dibersihkan. Ada baiknya juga Anda menggunting kuku bayi saat ia tertidur, sehingga meminimalkan risiko jarinya terluka akibat banyak bergerak. Selain itu, bayi selalu mengepalkan tangannya saat terjaga, sehingga akan lebih mudah memotong kukunya saat ia tidur, saat dimana telapak tangannya akan lebih muda dibuka. Berikut adalah tips memotong bayi :
  1. Potong kuku bayi secara teratur. Di bulan-bulan awal setelah kelahirannya, kuku bayi tumbuh begitu cepat, terutama kuku jari tangan. Karena itu, potonglah kuku jari tangan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk memotong kuku jari kaki, hanya saja tidak perlu sesering pada kuku jari tangan (ayah bunda dapat memotong kuku kaki si kecil kira-kira seminggu sekali).
  2. Gunakan alat pemotong kuku khusus bayi. Untuk memotong kuku bayi, gunakan gunting atau gunting kuku khusus bayi. Ukuran dan bentuk kedua alat ini sudah disesuaikan dengan jemari bayi yang mungil. Dengan begitu, kemungkinan bunda membuat bayi terluka pada waktu memotong kuku bisa dicegah.
  3. Usahakan penerangan cukup. Potonglah kuku bayi di tempat yang penerangannya cukup, terutama di siang hari.
  4. Lakukan pada waktu-waktu yang tepat. Pemotongan kuku bisa dilakukan ketika bayi sedang tidur atau sehabis mandi. Ketika bayi sedang tidur ia tidak banyak bergerak sehingga mempermudah kita memotong kukunya. Bayi biasanya lebih tenang setelah mandi, disamping keuntungan lain yaitu kuku bayi lebih lunak sehingga mudah dipotong.
  5. Jangan panik. Salah satu aturan pentingnya, lakukan pemotongan kuku dengan tenang. Tidak perlu panik bila bunda melakukan kesalahan, misalnya tanpa sengaja melukai jari bayi ketika memotong kukunya. Untuk itu, selalu siapkan tissue atau kain yang bersih dan juga antiseptik.
KUKU BAYI
Memotong Kuku Bayi

Cukup mudah bukan cara merawat kuku bayimu yang baru lahir dengan panduan di atas. Namun jika jari bayimu terluka dan darah yang keluar tidak berhenti setelah dibersikan, sebaiknya bunda segera menghubungi dokter. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.