Cara Mengatasi Kuku Kaki Yang Rusak

Cara Mengatasi Kuku Kaki Yang Rusak - Kuku yang berada di sekitar kaki umumnya akan jauh lebih mudah rusak dibandingkan dengan kuku tangan. Hal ini dikarenakan kuku kaki seringkali diabaikan perawatan dan penjagaannya karena berada jauh dari jangkauan. Padahal sebenarnya kaki juga membutuhkan perawatan agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Bagian kaki yang rentan terkena masalah adalah kuku kaki. Banyak orang mengalami masalah kuku kaki karena kurang menjaga kebersihan diri sendiri sehingga muncul jamur atau lebih parahnya terkena infeksi karena virus atau bakteri.
Kuku Kaki
Kuku kaki adalah pelindung bagi jari-jari kaki anda ketika terjadi benturan dengan benda-benda asing. Kuku kaki sebaiknya tidak dibiarkan panjang karena dapat menyebabkan kotoran masuk dan mengendap di sela-sela kuku. Bau tersebut bisa berasal dari jamur atau kotoran namun bisa juga karena adanya nanah yang tersembunyi di bawah kuku akibat dari luka. Untuk mengobati kuku kaki yang rusak dengan bahan alami dapat menggunakan beberapa bahan seperti :
  • Jeruk nipis
  • Bawang putih
  • Rendaman air garam
  • Belimbing wuluh
  • Mengkonsumsi makanan sumber kalsium
  • Minyak zaitun
1. Jeruk Nipis 
Jeruk nipis memiliki kandungan astrigen yang dapat menghilangkan warna kusam pada bagian kuku. Caranya dengan mencampur 1 sendok makan garam, 2 sendok makan air jeruk dan air panas. Rendam kaki sampai mata kaki kurang lebih 15 menit, angkat dan keringkan menggunakan kain lembut.
Jeruk Nipis
2. Bawang Putih
Untuk mengobati kuku kaki yang rusak menggunakan bawang putih ini dengan menghaluskan 1 sampai 3 siung bawang putih sampai lembut. Cara mengobati kuku kaki yang rusak secara alami adalah dengan mengoleskan pada kuku kaki atau tangan dan digosok-gosok.

Bawang Putih
3. Rendaman Air Garam
Sedangkan untuk rendaman air garam ini berfungsi untuk mencegah bakteri tumbuh dan berkembang. Cara mengobati kuku kaki yang rusak secara alami dengan bumbu dapur yang memiliki rasa asin ini adalah dengan merendam kaki pada air garam yang hangat setiap hari. Rendaman air garam ini juga dapat mempercepat luka pada kuku yang rusak menjadi kering.

Rendaman Air Garam
4. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh ini memiliki kandungan flavonoid atau anti bakteri, mengandung vitamin dan asam amino yang tinggi sehingga mampu mengobati kuku kaki yang rusak.

Belimbing Wuluh
5. Konsumsi Makanan Sumber Kalsium
Dengan mengkonsumsi makanan berkalsium maka dapat membantu menutrisi dan memperbaiki sel pertumbuhan kuku. Makanan berkalsium tersebut seperti keju, susu, ikan, sayuran hijau, buah alpukat, pepaya, apel dan mangga. Tapi untuk hasil yang lebih maksimal perbanyak juga konsumsi air putih.

Makanan Sumber Kalsium
6. Minyak Zaitun
Minyak ini dapat melenturkan kuku dan dapat membuat kuku menjadi lebih mengkilat secara alami. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kuku kaki atau tangan. Diamkan beberapa menit dan bersihkan sampai bersih.

Minyak Zaitun
Itulah beberapa cara merawat kuku kaki yang rusak agar tumbuhnya kuku kaki yang baru dapat tetap optimal dan indah seperti sediakala. Anda harus memperhatikan pentingnya merawat kuku kaki agar hal ini tidak terulang kembali.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.