Manfaat buah melon bagi kesehatan

Manfaat buah melon bagi kesehatan  - Sebagian besar kita harus tahu dan tidak pernah makan buah ini. Buah dengan bentuk bulat dan rasa manis banyak dibudidayakan di negara tropis.
Manfaat buah melon bagi kesehatan
Manfaat buah melon bagi kesehatan

Meski sudah sangat familiar dan sering di konsumsi, tahukah Anda manfaat buah melon yang terbukti secara ilmiah? Sebelum mengulas lebih lanjut tentang manfaat buah melon, mari kita mengenal lebih dekat dengan buah yang satu ini.

Di Indonesia, melon sudah lama sangat bagus dan mudah ditemukan. Mayoritas orang Indonesia menyajikannya dalam bentuk buah es, manisan buah atau konsumsi langsung. Melon adalah nama buah yang menjadi milik suku labu-labuan atau cucurbitaceae. Tanaman yang merambat dan merayap, meninggalkan jari-jari dalam bentuk, dan tekstur daging buahnya halus dan berair dan putih menjadi merah.

Melon memiliki berbagai jenis, bentuk dan jenis, buah ini pertama kali dibudidayakan di lembah Persia. Dan itu memasuki Indonesia sekitar tahun 1970. Seiring waktu, buah ini semakin banyak tumbuh. Dan di era 90an adalah puncak perkembangan melon di Indonesia. Lebih banyak tentang konten dan manfaat dari apa yang ada di dalam melon, kami akan terus menjelaskan penjelasan di bawah ini.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Melon Buah ini kaya akan mineral, sangat rendah kalori dan lemak. Buah ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik (100 g menyediakan 3382 IU atau sekitar 112% dari tingkat yang dianjurkan setiap hari) salah satu yang tertinggi di antara buah cucurbit. Vitamin A mengandung antioksidan tinggi dan sangat penting untuk penglihatan yang sehat.

Hal ini juga diperlukan untuk menjaga mukosa dan kesehatan kulit. Selain itu, melon juga kaya akan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel dan struktur tubuh lainnya dari radikal bebas. Daya antioksidan total absorbans radikal oksigen (ORAC) dari melon adalah 315 mcmol TE / 100 g.

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh Kita Berdasarkan zat gizi yang terkandung dalam melon seperti yang digariskan pada tabel di atas dan berdasarkan penelitian ilmiah, berikut beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung Melon dapat membantu kesehatan jantung dengan dua cara. Pertama, dengan tingkat serat makanan yang tinggi, ini bisa membantu mengurangi kolesterol "buruk" di tubuh, untuk melindungi tubuh terhadap aterosklerosis. Kedua, ini juga karena tingginya kandungan potasium, yang bertindak sebagai vasodilator, yang dapat menurunkan tekanan darah Anda, sehingga mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung koroner atau menderita stroke / serangan jantung.

2. Baik untuk kesehatan pencernaan Serat makanan, terutama serat larut seperti pektin, yang terkandung dalam melon sangat tinggi. Serat ini bisa membantu meringankan sembelit, membuat gerakan usus lancar dan mampu mengatasi masalah gastrointestinal (pencernaan) lainnya. Serat larut yang terkandung dalam melon membuat kita merasa kenyang, jadi tidak perlu makan terlalu banyak. Karena itu, buah ini sangat cocok untuk Anda yang sedang diet atau ingin mengendalikan berat badan.

3. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Kanker Manfaat melon di atas dimediasi oleh kandungan tinggi vitamin C, vitamin A, dan karotenoid dan bioflavonoid. Semua zat ini adalah antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Makanya makan melon bisa melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit termasuk kanker. Lebih khusus lagi, melon juga mengandung senyawa organik yang telah berhubungan langsung dengan pengurangan kanker paru-paru, mulut, usus besar dan payudara.

4. Menjaga kesehatan kardiovaskular Melon kaya potassium yang mengontrol tekanan darah, jadi jaga agar jantung tetap sehat. Mineral ini juga mencegah hipertensi dan mencegah sodium agar tidak merusak tubuh lagi. Melon juga kaya akan senyawa yang disebut adenosine, yang bermanfaat bagi jantung karena memiliki sifat penipisan darah. Mencegah penggumpalan darah dalam sistem kardiovaskular. Vitamin C mencegah arteriosklerosis, yaitu pengerasan arteri, sementara folat membantu mencegah serangan jantung.

5. Mengurangi stres kerja dan jumlah tugas yang Anda rasa stres? Usahakan untuk menuai manfaat buah melon karena kaya potassium yang bisa menormalkan detak jantung dan meningkatkan suplai oksigen ke otak, membuat Anda merasa lebih rileks dan fokus. Selain itu, melon mengandung superoksida dismutase yang bisa mengatasi stres dengan cara mengurangi tekanan darah dan menenangkan syaraf. Ini sekaligus mencegah kematian sel akibat stres oksidatif.

Hal ini menjadi pertanda baik untuk pasien diabetes dan orang-orang yang berisiko terkena diabetes, karena dengan mengonsumsi buah melon secukupnya penderita diabetes aman dari lonjakan dan naiknya gula darah yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Melon juga bebas kolesterol dan memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga benar-benar aman untuk pasien diabetes.

Di balik rasanya yang manis dan menyegarkan, begitu banyak bukan manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh kita? Dengan mengetahui berbagai manfaat dan kandungan yang terdapat di dalamnya, semoga lebih menambah pengetahuan kita akan dunia kesehatan dan membuat kita untuk terus tergerak menjaga gaya hidup sehat dengan rutin mengonsumsi buah-buahan setiap harinya. Konsumsilah sesuai kebutuhan dan anjuran yang telah ditetapkan, jangan berlebihan.

Baca juga: sunat pekanbaru

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.